PERGEDEL MATEMATIKA (PEmbelajaRan GamE Dan artikEL MATEMATIKA). Mari mengenal lebih jauh dunia matematika melalui PERGEDEL MATEMATIKA...                                                  Pulang sekolah/kuliah bingung mau ngapain atau hari libur gak kemana-mana? ayo kunjungi 'PERGEDEL MATEMATIKA' karena PERGEDEL akan update terus "setiap hari"                                                 "Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar." (Khalifah 'Umar)                                                  "Tidak semua yang dapat menghitung dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung dapat menghitung."(Einstein)                                                 "MATHEMATIC IS MY LIFE, MY LIFE WITH MATHEMATIC."(PERGEDEL's)

Selasa, 21 Juni 2011

Matematikanya Lapangan Dan Bola Sepakbola

Salam PERGEDEL
"MATH IS MY LIFE, MY LIFE WITH MATH"
Berdasarkan aturan FIFA (The Fédération Internationale de Football Association) maka untuk pertandingan internasional, bentuk lapangan sepakbola adalah persegipanjang, dengan ukuran lebar 64 hingga 75 m (atau 70 hingga 80 yard), dan panjang 100 hingga 110 m (atau 110 hingga 120 yard).
matematika sepak bola Sementara untuk pertandingan non-internasional, aturannya lebih longgar lagi, lebar: 45 – 95 m dan panjang: 90 – 120 m.
Ukuran lingkaran tengah dengan jari-jari 9,15 m.
Ukuran busur seperempat lingkaran di keempat pojok lapangan dengan jari-jari 1 m.
Ukuran kotak penalti: 16,5 X 40,3 m2 .
Titik pinalti berjarak 11 m dari mulut gawang.
(instilah 12-pas berasal dari ukuran 12 yard).
Ukuran gawang: panjang 7,32 m dan tinggi 2,44 m. Sementara untuk standar bola memiliki keliling bola 68 hingga 70 cm dengan berat 410 hingga 450 gram.
Untuk usia pemain di bawah minimum usia untuk pertandingan internasional, misalnya U-18, U-10, dll, maka ukuran lapangan menjadi lebih kecil lagi. Contoh untuk U-12 ukuran lapangan adalah 50×80 yard.

Nama “football” sering berasosiasi dengan cabang olah raga di Amerika Serikat, American Football, sehingga muncul nama lain yaitu soccer yang diambil dari nama “association” pada kepanjangan FIFA. (smd)

0 komentar:

Posting Komentar